Cara Membuat Gelang Karet dan Label Karet Manual

Sahabat mungkin sering melihat gelang-gelang karet yang sering di jualan di toko-toko mainan, di toko aksesoris bahkan di emper-emper jalanan dan di trotoar. Umumnya gelang-gelang karet ini diproduksi untuk anak-anak karena didesain dengan warna-warna yang ceria seperti pink, merah muda, biru cerah, dan kuning. Untuk memperindah gelang-gelang tersebut dilengkapi hiasan-hiasan kecil seperti bunga dan huruf alfabet agar bisa disusun sesuai keinginan pemakai. Gelang-gelang tersebut dibuat oleh pengrajin karet secara manual.

Selain gelang anak, target kerajinan tangan ini adalah pembuatan label karet untuk produk-produk fashion seperti jaket, tas, dan sepatu. Harganya relatif murah jika dibandingkan label produk berbahan dasar logam. Proses pembuatan gelang karet dan label karet ini dilakukan manual tanpa menggunakan mesin cetak khusus seperti di industri besar. Peralatan pokok selain cetakan logam adalah kompor gas, ember berisi air, dan logam pemanas.

Meski prosesnya cukup sederhana tetapi hasilnya bisa bersaing dengan produk hasil mesin-mesin modern, hanya saja kapasitas produksi masih sedikit karena masih dilakukan manual satu-persatu. Lebih jelasnya sahabat dapat menyimak video berikut yang memperlihatkan salah satu perngrajin pembuat gelang karet, label, dan aksesoris lain tengah membuat kerajinan berbahan karet asal kabupaten Bandung.


Gelang Karet

Comments